Baleno dongkrak penjualan Suzuki hingga 128%,
Balabalap.id – PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) menyatakan bahwa mayoritas pembeli kendaraan model Baleno merupakan kalangan pekerja muda berusia produktif yang penuh perhitungan dan memilih produk dengan desain yang stylish dan memiliki value for money paling baik.
Tren tersebut membawa pengaruh pada pertumbuhan penjualan bagi Baleno sebesar 128% di bulan Maret, serta memimpin market share kelas hatchback di periode kuartal I/2024. Peningkatan penjualan yang pesat pada Baleno membuktikan bahwa mobil ini berhasil menjawab kebutuhan pasar Indonesia.
“Melihat Indonesia sedang berada pada fase bonus demografi atau masa dimana penduduk usia produktif lebih banyak dibandingkan non produktif, Suzuki menyediakan Baleno sebagai mobil yang sesuai dengan kalangan tersebut,” kata Randy R. Murdoko, Dept. Head of 4W Sales PT SIS.
Secara bertahap dan pasti, Baleno berhasil menumbuhkan market share sebanyak 24% pada kuartal I/2024, sekaligus menempatkan diri sebagai hatchback terlaris dengan persentase sebesar 43% di periode yang sama.
“Dari hasil penjualan yang meningkat, kami yakin bahwa Baleno berhasil menjadi jawaban kebutuhan kaum muda di Indonesia,” tutur Randy.
Beberapa alasan kuat yang dimiliki oleh Baleno berhasil menjadi daya tarik yang sesuai dengan kebutuhan pelanggan di rentang usia 26-40 tahun.
Dengan dimensi yang pas dan desain elegan mendukung mobilitas ketika melalui gedung perkantoran, tempat pertemuan maupun rute perkotaan yang modern. Konektivitas smartphone ke perangkat 9-inch touchscreen head unit membuat hiburan perjalanan menjadi lebih menyenangkan.
Kelengkapan fitur keselamatan berupa 6 airbags menambah rasa aman saat frekuensi perjalanan semakin intensif. Kehadiran Camera 360 juga memberikan kemudahan bagi pengendara ketika melakukan manuver di jalan yang sempit ataupun saat memarkirkan di tempat tujuan.
Untuk memenuhi permintaan pelanggan yang beragam, Baleno juga menawarkan pilihan warna sesuai preferensi pasar serta dianggap dapat memancarkan profesionalitas dan jiwa muda. Warna-warna yang meraih penjualan tertinggi selama kuartal I/2024 meliputi Prime Celestial Blue, Prime Opulent Red, dan Prime Grandeur Grey.
Menurut Randy, permintaan yang meningkat terhadap Baleno di kalangan pekerja muda membuat Suzuki terus berusaha memenuhi ekspektasi calon pelanggan.
“Konsumen muda saat ini lebih jeli dan melihat produk tidak hanya dari kelengkapan fitur dan kualitas produknya, namun juga keberadaan dan kepastian merek yang dapat menyuguhkan layanan terbaik. Oleh karena itu, kami selalu semangat untuk memberikan kualitas yang konsisten dan pengalaman kepemilikan produk yang memuaskan,” tutup Randy.