Kuartal I/2024, penjualan Suzuki naik 14 persen
Hybrid, jadi “senjata” Suzuki dongkrak penjualan di kuartal pertama tahun 2024
Balabalap – PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) mencatat kenaikan penjualan pada kuartal pertama tahun 2024 mencapai 14% dibanding dengan bulan sebelumnya.
Kendaraan kategori penumpang mendominasi penjualan sebesar 60% dan komersial sebesar 40%. Dari catatan positif tersebut, kendaraan hybrid Suzuki memegang peran utama dengan dominasi hasil penjualan hingga 51%.
“Pada bulan Maret 2024 lalu kami menerima catatan penjualan yang baik lewat kendaraan komersial maupun passenger hybrid Suzuki. Catatan positif ini turut mencerminkan tingkat kepercayaan pelanggan terhadap kendaraan Suzuki. Kami yakin ini merupakan hasil usaha bersama mulai dari jaringan dealer resmi hingga aftersales yaitu bengkel resmi yang berkomitmen untuk memberi pelayanan maksimal demi kepuasan dan kepercayaan para pelanggan setia kami,” ujar Randy R. Murdoko, Dept. Head of 4W Sales PT SIS.
Memegang peran sebagai alternatif kendaraan yang lebih ramah lingkungan, mobil hybrid Suzuki hadir dalam beberapa pilihan, yaitu Grand Vitara, New XL7 Hybrid, dan All New Ertiga Hybrid Cruise.
Di antara ketiga model tersebut, New XL7 Hybrid menduduki peringkat penjualan tertinggi. Secara wilayah, Jabodetabek menjadi daerah yang berkontribusi paling tinggi pada penjualannya, kemudian disusul pula oleh Jawa Timur, lalu Jawa Tengah dan DI Yogyakarta.
Suzuki juga mencatat bahwa 91% dari total kendaraan hybrid yang dijual merupakan hasil produksi lokal. Model mobil hybrid yang diproduksi lokal ini juga merupakan model yang sama yang diekspor ke beberapa negara lain yang terdapat di benua Amerika Selatan, Oceania, hingga Asia.
“Kami berterima kasih atas loyalitas dari seluruh pelanggan setia terhadap Suzuki. Sebagai salah satu kebutuhan untuk melakukan mobilisasi, kami selalu berusaha untuk memperhatikan kepuasan seluruh pelanggan. Selain itu, kami juga menyadari bahwa industri otomotif menjadi salah satu sektor andalan yang berperan dalam perekonomian nasional. Oleh sebab itu, kami selalu berusaha untuk meningkatkan mutu dari produk dan pelayanan Suzuki untuk seluruh masyarakat Indonesia,” tutup Randy.