Merasakan sensasi seperti pembalap profesional dengan Ducati Panigale V4
Terlahir dari pengembangan mendalam motor yang memenangkan Kejuaraan Dunia Superbike selama dua tahun berturut-turut, Ducati Panigale V4 telah memperbarui konsep secara menyeluruh dalam hal desain, dasar teknis, dan ergonomi. Sebuah perkembangan yang memanfaatkan fungsi dari evolusi ban, aerodinamika, dan elektronik, serta pengalaman dan keahlian dari Ducati Corse.
Research terus dilakukan tanpa henti untuk mendapatkan performa yang baik, ini merupakan ciri khas dunia kompetisi balap, yang juga sangat mempengaruhi evolusi desain motor. Faktanya, pada Panigale V4 baru, gaya dan teknologi berpadu sempurna untuk meningkatkan performa.
Motor ini dapat menimbulkan rasa kagum pada pandangan pertama, sensasi magis dan irasional yang meningkat saat Anda duduk di bangkunya, semua itu berkat solusi teknis yang dirancang oleh engineer Ducati.
“Misi Ducati adalah memperkaya kehidupan orang-orang melalui motor yang canggih secara teknologi dan memiliki keindahan sensual,” kata Claudio Domenicali saat mempresentasikan motor ini selama Ducati World Première.
“Motor ini melanjutkan sejarah kesuksesan dan model tak terlupakan, yang mewakili ekspresi maksimal dari nilai-nilai kami yaitu Gaya, Kecanggihan, dan Performa,” jelas Domenicali.
Panigale V4 baru ini membuat pengendaranya dapat merasakan sensasi seperti pembalap profesional berkat solusi elektronik dan teknologi yang belum pernah ada sebelumnya, sebagian besar berasal dari MotoGP.
Solusi seperti mesin V4 dengan distribusi desmodromik dan counter-rotating shaft, atau sasis dan elektronik yang bahkan lebih mendekati Desmosedici GP resmi. Sebuah motor yang dapat meingkatkan keterampilan berkendara pengendaranya, baik profesional maupun amatir, menawarkan kepercayaan diri yang mendorong batasan pengendaranya lebih jauh dalam berkendara di sirkuit.
Panigale V4 berevolusi sesuai jalur Ducati dalam kompetisi balap MotoGP, di mana Desmosedici telah menjadi motor yang paling diminati dalam kategorinya, dengan tujuh dari delapan pembalap berhasil memenangkan setidaknya satu balapan pada tahun 2023.
Panigale V4 S baru memiliki berat hanya 187 kg, dua kg lebih ringan dari model sebelumnya, dan memperoleh tambahan 0,5 hp meskipun memenuhi homologasi Euro5+ yang lebih ketat.
Fairing pada Panigale V4, juga dapat mengurangi hambatan aerodinamis sebesar 4% dan melindungi pengendara dengan lebih efektif saat di lurusan, menjaga pengendara dalam semacam “gelembung” udara yang tenang.
Memindahkan tepi depan fairing ke belakang terhadap roda depan membuat motor lebih lincah saat berganti arah dengan kecepatan, sementara perbaikan bentuk mudguard dan konveyor di hulu radiator meningkatkan efektivitas sistem pendingin, khususnya pendingin oli.
Dalam merancang Panigale V4 yang baru, Centro Stile Ducati terinspirasi oleh Ducati 916 yang legendaris. Tujuan para desainer adalah untuk mengambil inspirasi dari motor ikonik dari perusahaan Borgo Panigale ini dan mengintegrasikan solusi ergonomis dan aerodinamis dari Desmosedici GP, yang diperlukan untuk memenuhi gaya berkendara saat di sirkuit.
Tampilan samping Panigale V4 yang baru memberikan keseimbangan antara depan dan belakang yang khas dari model 916, dengan tata letak umum yang lebih horizontal dan lebih mirip dengan motor MotoGP tahun-tahun terakhir.
Garis khas dari model 916 juga menjadi inspirasi untuk merancang cluster lampu depan, di mana tampilan yang tegas diperkuat oleh DRL berbentuk V ganda yang khas dari motor sport Borgo Panigale. Hingga akhirnya, saluran udara kini menjadi tunggal dan terletak di tengah, tersembunyi di bawah fairing, sementara bagian ekor, yang lebih lebar dan lebih panjang, meningkatkan ruang bagi pengendara.
Panigale V4 lebih bertenaga dan lebih ringan dibandingkan model sebelumnya, dibuat untuk memberikan sensasi yang tak tertandingi untuk para penggemar.
Mesin Panigale V4, Desmosedici Stradale berasal dari mesin motor Ducati MotoGP, dengan banyak solusi teknis yang sama, mulai dari arsitekturnya. Ini adalah mesin V4 90° dengan distribusi desmodromik, poros counter-rotating shaft, dan timing Twin Pulse, yang memberikan Panigale V4 suara yang benar-benar mirip dengan Desmosedici GP.
Mesin Desmosedici Stradale yang telah disertifikasi Euro5+ ini menghasilkan 216 hp pada 13.500 rpm dan torsi maksimum 12,3 Kgm pada 11.250 rpm. Nilai-nilai ini meningkat dalam konfigurasi sirkuit: dengan menggunakan knalpot balap Ducati Performance oleh Akrapovič, daya maksimum meningkat menjadi 228 hp.
Agar Panigale V4 semakin kompetitif, Ducati Corse membuat target kekakuan baru untuk rangka dan swingarm agar dapat memanfaatkan potensi secara penuh dari ban slick baru yang digunakan di Superbike.
Engineer Ducati Corse menentukan kekakuan lateral optimal untuk mempertahankan cengkraman pada sudut kemiringan yang kini melebihi 60°, sambil tetap mempertahankan nilai kekakuan longitudinal yang tinggi untuk memanfaatkan torsi mesin selama akselerasi dan kekuatan pengereman.
Untuk tujuan ini, Front Frame yang dimodifikasi dan swingarm dua sisi yang baru – Ducati Hollow Symmetrical Swingarm – dikembangkan; ringan dan dengan desain inovatif, berkat geometri spesifik, hal ini memungkinkan posisi knalpot tetap berada di bawah mesin, sebuah solusi unik dalam panorama global motor supersport jalan raya.
Solusi ini mengkonfirmasi pendekatan Ducati, yang didasarkan pada gaya, kecanggihan, dan performa, yang mampu mengatasi kompromi antara gaya dan performa.
Swingarm baru mengurangi kekakuan lateral (-37% dibandingkan dengan swingarm satu sisi sebelumnya) dan berat berkat dua slot pencahayaan besar, meningkatkan traksi saat keluar dari tikungan dan feeling pengendara selama akselerasi.
Roda belakang yang dipahat dari swingarm memiliki berat 2,7 kg lebih ringan dari yang sebelumnya dan lebih efektif dalam mentransfer tenaga ke tanah. Pada Panigale V4 S, roda paduan aluminium yang dipahat dengan lima jari-jari tangensial, terinspirasi oleh roda Desmosedici GP, hanya memiliki berat 2,95 kg untuk depan dan 4,15 kg untuk belakang.
Front Frame lebih ringan (3,47 kg dibandingkan dengan sebelumnya 4,2 kg) dan telah dimodulasi ulang dalam hal kekakuan dibandingkan dengan model sebelumnya (-40% secara lateral).
Sebagai hasilnya, ini menawarkan lebih banyak kepercayaan saat membungkuk dan lebih efektif saat mengambil apex dan menutup tikungan. Suspensi elektronik generasi ketiga Öhlins NPX/TTX pada Panigale V4 S memperluas jangkauan penyesuaian mereka, menawarkan pengaturan yang lebih nyaman untuk penggunaan jalan raya dan juga lebih efektif saat berkendara di antara kerb sirkuit. Pada saat yang sama, kecepatan yang lebih besar dari katup hidrolik memberikan respons yang lebih tepat dan akurat dalam setiap situasi berkendara.
Ducati Panigale V4 yang baru adalah motor pertama di dunia yang dilengkapi dengan kaliper rem depan Brembo HypureTM. Lebih ringan (-60 gram per pasang) dan lebih berkinerja tinggi, kaliper Brembo HypureTM mengalihkan panas yang dihasilkan oleh pengereman dengan lebih efektif, menawarkan performa yang lebih konsisten, dan dengan demikian memberikan efektivitas yang lebih besar bagi pengendara dalam mencari batasnya sendiri. Premiere dunia penting lainnya adalah sistem Race eCBS, yang dikembangkan oleh Bosch bekerja sama dengan Ducati.
Panigale V4 2025 juga dilengkapi dengan paket lengkap kontrol elektronik: Ducati Traction Control DVO, Ducati Slide Control, Ducati Wheelie Control DVO, Ducati Power Launch DVO, Engine Brake Control, dan Ducati Quick Shift 2.0.
Sistem DQS 2.0 menggunakan strategi yang sepenuhnya bergantung pada sensor posisi sudut dari drum gear, sehingga dapat menggunakan batang pergantian gigi tanpa micro switch dan menawarkan pengendara merasakan langsung jarak perjalanan yang lebih pendek. Panigale V4 yang baru, ditawarkan dalam konfigurasi single-seater dengan kit penumpang tersedia sebagai aksesoris akan tiba di dealer pada September 2024 mendatang.
Berikut spesifikasi Panigale V4 S dan V4 :
Panigale V4 S
Colour – Ducati Red with Urban Grey frame, black rims and matt black front mudguard
Main standard equipment :
- Desmosedici Stradale engine, 1,103 cc
- Maximum power of 216 hp at 13,500 rpm (209 hp @ 12,750 rpm for the US market)
- Maximum torque of 12.3 kgm at 11,250 rpm (121,3 Nm @ 11250rpm for the US market)
- Curb weight without fuel: 187 kg
- “Front Frame” chassis
- 17-litre aluminium tank
- Ducati Electronic Suspension (DES) 3.0
- Öhlins NPX-30 fork with Öhlins Smart EC 3.0 control system
- Öhlins TTX 36 shock absorber with Öhlins Smart EC 3.0 control system
- Öhlins steering damper with Öhlins Smart EC 3.0 control system
- Forged aluminium rims
- Lithium battery
- Braking system with Brembo HypureTM monobloc callipers
- Pirelli Diablo Supercorsa V4 tyres with 200/60 rear
- Wings with biplane configuration and integrated design
- Latest generation electronic package with 6-axis Inertial Measurement Unit (6D IMU): Race eCBS with cornering functionality; Ducati Traction Control (DTC) DVO; Ducati Slide Control (DSC); Ducati Wheelie Control (DWC) DVO; Ducati Power Launch (DPL) DVO; Ducati Quick Shift (DQS) 2.0; Engine Brake Control (EBC), Ducati Vehicle Observer (DVO)
- Buttons for quickly changing levels
- New 6.9” full-TFT dashboard with 8:3 aspect ratio
- Riding Modes (Race A, Race B, Sport, Road, Wet)
- Full-LED headlights with DRL and turn signals integrated into the headlight*
- Single-seat configuration (passenger kit accessory)
- Ready for Ducati Data Logger (DDL) and Ducati Multimedia System (DMS)
Panigale V4
Colour – Ducati Red with Urban Grey frame and black rims
Standard equipment like Panigale V4 S except for :
- Curb weight without fuel: 191 kg
- 43 mm Showa Big Piston Fork (BPF), fully adjustable
- Sachs mono-shock absorber, fully adjustable
- Sachs steering damper
- Five-spoke light alloy wheels
- Lead acid battery